Kamis, 24 Agustus 2017

自我介紹 Zìwǒ jièshào = Perkenalan diri

大家好!
Banyak teman teman yang ingin belajar Memperkenalkan diri 自我介紹 Zìwǒ jièshào
Nah kali ini saya akan mengulas tentang hal tersebut ,
Sekarang  kita simak yuk !
自我介紹 Zìwǒ jièshào = Memperkenalkan diri

你叫什麼名字
Ni jiao shenme mingzi
Nama kamu siapa ?

我叫阿領
Wǒ jiào ā lǐng
Nama saya aling

今年我二十歲
jīnnián wǒ èrshí suì
Tahun ini saya umur 20 tahun

你結婚了沒
Nǐ jiéhūnle méi
Kamu sudah menikah belum

我還沒有結婚
Wǒ hái méiyǒu jiéhūn.
Aku belum menikah

我已經結婚了
Wǒ yǐjīng jiéhūnle
Aku sudah menikah

你有小孩嗎?
Nǐ yǒu xiǎohái ma?
Kamu punya anak kah ?

Yǒu
Ada

幾個小孩
jǐ gè xiǎohái
Berapa anak

一個小孩
yīgè xiǎohái
Satu anak

多大
Duōdà
Berapa besar ( umur berapa )

十歲
shí suì
Umur 10 tahun

我沒有小孩
Wǒ méiyǒu xiǎohái
Aku tidak punya anak

你有幾個兄弟姊妹
Nǐ yǒu jǐ gè xiōngdì jiěmèi?
Kamu ada berapa kakak beradik ( saudara )

我有一個哥哥一個姊姊
Wǒ yǒu yīgè gēgē yī jiě jie
Saya punya 1 kakak laki ( abang ) , 1 kakak perempuan ( mbak )

你爸爸媽媽作什麼工作
Nǐ bàba māmā zuò shénme gōngzuò ?
Bapak Ibu kamu kerja apa

我爸爸媽媽是農夫
Wǒ bàba māmā shì nóngfū
Bapak dan ibu ku adalah petani

你有工作經驗嗎?
 Nǐ yǒu gōngzuò jīngyàn ma?
 Apakah kamu punya pengalaman  kerja ?

有 ,我去過馬來西亞工作
Yǒu, wǒ qùguò mǎláixīyà gōngzuò
Ada , saya pernah bekerja di malaysia

四年,從2001年到2005年
Sì nián, cóng èr líng líng yī nián dao Èr líng líng wǔ nián
Empat tahun , dari tahun 2001 sampai tahun 2005

你會煮中國菜嗎?
Nǐ huì zhǔ zhōngguó cài ma?
Apakah kamu bisa masak masakan Cina?

我會煮中國菜
Wǒ huì zhǔ zhōngguó cài
Aku bisa masak masakan Cina

我會煮排骨湯,煮咖哩雞,炒飯,炒麵。我也會做家事。 掃地,拖地,洗衣服,燙衣服
Wǒ huì zhǔ páigǔ tàng, zhǔ gālí jī, chǎofàn, chǎomiàn. Wǒ yě huì zuò jiāshì. Sǎodì, tuō dì, xǐ yīfú, tàng yīfú
Aku bisa masak sup tulang babi, masak kari ayam , goreng nasi , goreng mie,aku juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah .menyapu ,mengepel ,mencuci baju ,menyeterika baju.

因為我要賺錢幫助家庭
Yīnwèi wǒ yào zhuànqián bāngzhù jiātíng
Karena aku ingin mencari uang untuk membantu keluarga

你知道嗎,在台灣工作很辛苦
Nǐ zhīdào ma, Zài táiwān gōngzuò hěn xīnkǔ
Apakah kamu tahu ,bekerja di Taiwan itu sengsara.

我知道,我會努力的,我會好好工作
Wǒ zhīdào. Wǒ huì nǔlì de. Wǒ huì hǎohǎo gōng zuò.
Aku tahu,Aku akan berusaha ,Aku akan baik2 bekerja

好的,那我們在台灣見
Hǎo de ,Nà wǒmen zài táiwān jiàn
Baik , kalau begitu kita ketemu ditaiwan

Note
………
Jika serasa  bermanfaat silahkan share dengan menyertakan link dari sumbernya

謝謝你的合作
Xie xie ni de hezuo
Terimaksih atas kerjasamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

percakapan Mandarin-taiyu tentang puasa part 1禁食 Kim ciak : puasa

🧕阿嬤,你早餐想要吃什麼? Ā mā nǐ zǎocān xiǎng yào chī shénme? Taiyu : Ama,Li chatheng siu be ciak sia ? Arti : Nenek kamu ingin sarapan apa ? 🧕你幫我煮稀飯...